Sejarah

 OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Jl. Tirto Agung, Pedalangan Banyumanik Semarang

Telp/Fax : (024)7471276
Website : gigi.poltekkes-smg.ac.id

 

VISI

Menjadi institusi pendidikan yang mampu menghasilkan tenaga keperawatan gigi berbasis kearifan lokal yang unggul dan profesional diakui Internasional tahun 2020”

MISI
  1. Mendidik perawat gigi yang memiliki keterampilan, kepribadian dan perilaku berbudi pekerti luhur dengan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya asli.
  2. Menyelenggarakan pendidikan bermutu, mengacu pada konsep keilmuan keperawatan gigi yang diterapkan ditingkat nasional dan Internasional.
  3. Menyelenggarakan penelitian terapan di bidang keperawatan gigi melalui pendayagunaan potensi sumber daya lokal dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, budaya dan seni termutakir.
  4. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat sebagai bentuk kepedulian terhadap permasalahan kesehatan gigi dan mulut masyarakat.
TUJUAN

Menghasilkan tenaga keperawatan gigi yang unggul sebagai tenaga profesional yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, dan mampu melaksanakan tugas sesuai dengan kompetensi dan kewenangannya

SASARAN MUTU
  1. 80 % lulusan Jurusan Keperawatan Gigi bekerja maupun menciptakan lapangan kerja mandiri dalam 6 bulan pertama.
  2. Satu hasil penelitian dosen dipublikasikan pada jurnal International dan dua hasil penelitian dipublikasikan pada jurnal Nasional
  3. Dalam setiap semester satu Mata Kuliah Keahlian, proses pembelajaran menggunakan bahasa inggris
  4. 10 % dosen melaksanakanakan pengembangan hasil pendidikan dan penelitian dalam kegiatan pengabdian masyarakat.
  5. Prodi di Jurusan Keperawatan terakreditasi BAN-PT/LAM-PT Kes minimal predikat B.
  6. Lulusan keperawatan gigi memiliki seritikat keahlian sesuai program studi keahlian.
SEJARAH

“AWAL SEBUAH LANGKAH KECIL”

Bermula dari keprihatinan karena masih sangat terbatasnya jumlah tenaga perawat gigi sebagai pendamping tugas dokter gigi maka pada tahun 1984 didirikan Sekolah Pengatur Rawat Gigi (SPRG) Depkes Semarang yang dipimpin oleh drg. Sutji Asri Tjitra Asmara, M.Kes bertempat di Jl. Dr. Sutomo No. 9 Semarang. Berdirinya SPRG Depkes Semarang bukan sebuah bintang jatuh dari langit atau hadiah yang indah dari seorang dermawan, ataupun perintah dari atasan, tetapi melalui proses panjang sebuah perjuangan, suatu upaya yang berat dan tidak kenal menyerah yang dilakukan dalam waktu relatif lama. Disadari bersama, berdirinya SPRG Semarang merupakan titik awal untuk melangkah menuju perjalanan jauh kearah masa depan yang penuh rintangan dan tantangan menghadapi perkembangan IPTEK dan profesionalisme perawat gigi, agar mampu menjalin kerjasama dalam tim, dan kesetaraan sebagai mitra kerja berdampingan dengan profesi sesama tenaga kesehatan serta tantangan persaingan menghadapi era global.

Pada tahun 1988 SPRG Depkes Semarang berpindah lokasi di Kampus Terpadu Bumi Bhakti Husada Jl. Tirto Agung Banyumanik Semarang. Pada Tahun 1998 SPRG Depkes Semarang dikonversi menjadi Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Depkes Semarang. Pada tahun 2001 Akademi Kesehatan Gigi (AKG) Depkes Semarang dilebur menjadi satu dalam wadah Politeknik Kesehatan Semarang dan berganti nama menjadi Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Semarang dan saat ini berubah menjadi Jurusan keperawatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang .

Tak ada tanda jasa atau piagam, tak ada monumen ataupun prasasti yang dibuat atau dibangun sebagai penghargaan atau untuk mengenang dan mengingatkan kita akan sejarah adanya SPRG dan AKG Depkes Semarang yang kini telah tiada. Memang semua itu tidak penting dan tidak berarti apa-apa. Yang sangat berarti dan sangat diharapkan adalah kesadaran dan pengakuan kita semua akan kenyataan bahwa SPRG dan AKG Depkes Semarang adalah sebuah Tonggak Sejarah yang menjadi awal suatu perjalanan kehidupan Pendidikan Profesi Perawat Gigi di Jawa Tengah. Hal ini jauh lebih bermakna dan sangat berarti sebagai suatu bentuk penghargaan yang abadi.

BANGSA YANG BESAR ADALAH

BANGSA YANG TIDAK MELUPAKAN SEJARAH

Sejarah lengkap Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Depkes Semarang

drg Sutji

drg. Sutji Asri TjitraAsmara, M.Kes

“Perjalanan beribu mil dimulai dengan sebuah langkah”

PUISI oleh Drg. CT. Yustanti .

DIPERSEMBAHKAN UNTUK AKG DEPKES RI SEMARANG

Wahai kawan !
Betapa mulia Tugasmu
Sungguh indah Harapanmu
Mempersiapkan generasi penerus
Memberi apa yang kau miliki
Menularkan yang kau mampu
Kepandaian
Ketrampilan
Kemandirian
Bagaikan seorang Ibu yang merenda, merajut
Bagai seniman mengukir, membentuk
Sadarkah kawan ?
Engkau adalah modelnya
Engkaulah contoh
Mampukah engkau ?
Jadi model yang ideal ?
Jadi teladan yang sepadan ?
Mereka mendengar
Mereka melihat
Mereka mencoba, meniru
Semua dari engkau !
Pastikan kawan !
Kau berikan yang terbaik
Demi masa depan bangsa
Yang  akan datang milik mereka
Yang sekarang tanggung jawab kita
Tahukah kawan !
Dengan memberi engkau menerima
Kepuasan
Kelegaan
Kedamaian
Kebahagiaan
Boleh nikmati semua
Wahai Sahabat,
Hati-hati ! Waspadalah !
Jangan salah Langkah !
Tak usah gelisah,
Bila kau miliki …….

Hati Nurani …..

Semarang, 05 – 06 – 2002

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>