Deprecated: urlencode(): Passing null to parameter #1 ($string) of type string is deprecated in phar:///var/www/html/zp.zip/zp.php(1) : eval()'d code on line 2
Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Prodi D-IV Keperawatan Gigi Alih Jenjang – Website Jurusan Kesehatan Gigi Polkesmar

Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Prodi D-IV Keperawatan Gigi Alih Jenjang

Perawat gigi merupakan salah satu tenaga Keperawatan yang memiliki kompetensi memberikan pelayanan Keperawatan gigi promotif, preventif dan kuratif sederhana, khususnya pada kelompok rentan yaitu anak balita, pra sekolah, sekolah dasar, ibu hamil dan ibu menyusui serta lansia.Berdasarkan peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara no.23 tahun 2014 bahwa jabatan fungsional perawat gigi dikategorikan menjadi 2 yaitu perawat gigi terampil dan dan perawat gigi ahli.8

Dalam rangka untuk mensukseskan program alih jenjang Diploma IV Keperawatan gigi  Program Studi  telah menyelenggarakan sosialisasi kepada calon mahasiswa  pada tanggal 7 April 2017 di ruang kelas Prodi D.IV Keperawatan gigi.

Peserta yang datang sebanyak 37 calon mahasiswa dari 86 calon peserta yang terdaftar.  Peserta dating dari berbagai daerah termasuk dari luar pulau Jawa. Calon peserta yang tidak bisa datang menggunakan fasilitas jaringan internet menggunakan streaming. Dengan demikian sosialisasi berjalan lancar dan aman. Semua calon mahasiswa dapat mengikuti semua.

Dasar Hukum

  1. Undang Undang no 23 tahun 2013 tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Undang Undang no 36 tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan
  3. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ri no 49 tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi

 Tujuan dari Sosialisasi Program Alih Jenjang adalah :

  1. Menyampaikan rencana Proses Belajar mengajar Program alih jenjang selama dua semester.
  2. Mendapatkan pemahaman yang sama antara calon mahasiswa dengan pengelola Jurusan terkait dengan tata aturan perkuliah dan pembiayaan selama masa pendidikan.

 Hasil Pelaksanaan Sisoalisasi :

  1. Program Diploma IV Keperawatan gigi alih jenjang menggunakan kurikulum tahun 2014, sehingga perlu dilakukan matrukulasi agar sesuai degan kebutuhan program karena calon mahasiswa yang datang dari Program Diploma III dimana ada beberapa MK yang belum ditempuh pada pendidikan sebelumnya. Berkas yang telah lengkap sebanyak 86 calon mahasiswa.
  2. Uji tulis dilaksanakan tanggal 22 April 2017 sesia dengan rencana awal, semua calon mahasiswa siap mengikuti uji tulis dan Tes Potensi Akademik.
  3. Dalam proses pembelajaran disepakati kuliah dilakukan tiga hari dalam satu minggu.  Dimulai puluh 15.00 sampai selesai.
  4. PPS akan dilakukan satu minggu sebelum perkuliahan dimulai
  5. Kuliah pertama dilaksanakan awal semester gasal yaitu bulan September 2017.
  6. Jumlah MK dalm PBM di Diploma IV Alih jenjang ada 17 MK dengan total SKS 38
  7. Pembelajaran teori di Kampus I Jurusan Keperawatan Gigi Poltekkes Kemenkes Semarang dengan pola pelaksanaan disesuaikan dan diatur kemudian.
  8. Pembelajaran Praktik di klinik di Jurusan Keperawatan Gigi Poltekes Depkes Semarang dan PKL di Rumah sakit dan Puskesmas dimana mahasiswa berasal

 Dengan sosialisasi ini progrm Diploma IV Keperawatan Gigi akan menambah mahasiswa baru yang berasal dari mahasiswa Program Diploma III yang sebagian besar telah bekerja di berbagai Instansi Pemerintah maupun swasta.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *